Rabu, 22 Oktober 2014

FLUKTUASI SUHU AIR YANG EKSTRIM DAN LIMBAH POLUTAN



Fluktuasi suhu air yang ekstrim
Karakteristik :
Ikan tidak mampu untuk beradaptasi terhadap perubahan suhu air yang ekstrim (fluktuasi suhu yang tinggi dalam waktu yang relative singkat) karena akan merusak keseimbangan hormonal dan fisiologis tubuh yang berakibat stress bahkan kematian mendadak. Kondisi ini sangat sensitive, terutama bagi larva dan benih ikan.
Pengendalian
Menjaga kestabilan suhu pada kisaran optimum bagi jenis ikan yang dibudidayakan, baik secara fisik maupun mekanis.
Limbah Polutan
Karakteristik :
·         Pestisida, insektisida, pollutan limbah industry, dan limbah rumah tangga dapat mencemari kolam ikan dan menyebabkan ikan sakit dengan berbagai kondisi.
·         Logam berat berdasarkan sifat toksisitasnya meliputi : Hg, Cd, Cu, Zn, Ni, Pb, Cr, Al, dan Co. Tingkat kelarutan dan aktivitas ion logam akan meningkat pada Ph air yang rendah. Hg dapat meracuni system syaraf ikan dan Cd dapat merusak jaringan insang ikan.
·         Kontaminasi ringan unsur logam berat yang terdeposit pada induk ikan disimpan dalam telur-telurnya dan menyebabkan atresi (telur mati sebelum menetas)
·         CO2 dan H2S pada level konsentasi tertentu dapat menjadi pemicu stress dan apabila terus meningkat akan mengakibatkan kematian ikan.
·         Kasuskeracunan limbah polutan dapat menyebabkan kematian mendadak dan merata pada seluruh area. Kerusakan insang sering terjadi karena organ ini yang pertama kontak dengan air yang mengandung limbah polutan
Pengendalian :
·         Mencegah terjadinya kontaminasi dapat menggunakan filter pengubah ion atau pemberian EDTA yang dapat menyerap Pb, Zn, Cu dan logam berat lainnya
·         Keracunan besi (Fe) dapat dihindari dengan cara memberikan aerasi kuat dan menyaring air dengan saringan pasir.
·         Ikan yang masih hidup segera dipindahkan ke kolam lain yang tidak mengandung bahan beracun
Dipublikasikan oleh Direktorat Kesehatan Ikan dan Lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar