Selasa, 24 November 2015

BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DI KJA

Budidaya sistem keramba jaring apung adalah sebuah model sistem budidaya yang efisien, efisien scara teknis maupun ekonomis.
Pada luasan yang sempit kita dapat melipatgandakan hasil tanpa harus menambah biaya yang besar, tentu saja pola yang di gunakan adalah mengintensifkan pola budidaya nya, memang ahirnya akan berdampak pada biaya tinggi. tetapi kalo meguntungkan gak .
Tetapi yaaaa namanya juga usaha, tidak selamanya berjalan mulus. Kendala seperti pakan alami yang tidak cukup berkualitas menjadi salah satu kendalanya. eeetttt tapi gak usah khawatir. Dengan menggunakan Plankton Catalyst 2006 hal tersebut bukanlah menjadi sebuah masalah besar. 
Plankton Catalyst 2006 adalah nutrisi untuk kolam/tambak dengan unsur hara lengkap (makro & mikro) yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan plankton air, tumbuhan air lunak, dan kehidupan mikro lainnya yang menjadi pakan alami ikan. Jika kehidupan mikro alami kolam terjaga dengan baik, akan tercipta hubungan saling menguntungkan antara plankton, kualitas air, dan ikan. Hasilnya pasti hebat!
Ikan membutuhkan nutrisi yang higienis agar dapat berkembang dengan baik. Dalam hal ini, air sebagai media hidup ikan harus memiliki kualitas yang baik dan cukup nutrisi.
Dua langkah berikut dapat dilakukan untuk mendapatkan pakan alami berkualitas.
1. pakan dibuat dengan memfermentasikan campuran 0,2 kg Plankton Catalyst 2006, 10kg dedak, 1kg Urea, dan 1kg SP-36. Masukkan campuran tersebut dalam karung, kemudian rendam di tengah Keramba Jaring Apung. Ikan akan mengerumuni karung karena subur dan banyak pakan alami tumbuh. Setelah 3 minggu karung dibuka dan pakan fermentasi sudah siap untuk disantap ikan.
2. Tiap 4kg pakan dicampur 30g Plankton Catalyst 2006 yang dilarutkan dengan sedikit air. Perlakuan ini membuat ikan makan dengan lahap.
Karena ikan yang mendapatkan pakan alami jauh lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit atau virus. Plankton Catalyst 2006 sangat mendukung keberhasilan budidaya ikan. Sebagai nutrisi kolam dengan kandungan unsur hara yang lengkap dan juga sebagai water conditioner yang dapat memperbaiki kulaitas air serta menjadi aktivator pertumbuhan pakan alami ikan seperti Phyto & Zoo-plankton, tumbuhan air lunak, dan berbagai mikroorganisme.

Tidak hanya untuk Keramba Jaring Apung saja. Plankton Catalyst 2006 juga efektif digunakan pada budidaya ikan di kolam. 
Penyuluh Perikanan PPN Karangantu
Silvia Dewi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar