Senin, 19 Oktober 2015

PROSES PEMBUATAN IKAN SARDEN

PROSES PEMBUATAN IKAN SARDEN
Saat ini sarden memang banyak digemari orang karena kenikmatan rasanya. Ikan salemnya gurih lembut yang dibumbui sehingga menjadi lebih segar dan meresap ke dalam daging ikannya. Apalagi bila dimakan dengan nasi yang masih hangat akan terasa lebih nikmat.
Sebenarnya sarden akan terasa lebih enak jika dibuat sendiri. Membuat sarden pun sebenarnya tidak sulit. Selain itu bahan- bahan nya juga banyak mengandung zat- zat yang bermanfaat bagi tubuh. Ini merupakan cara membuat sarden yang mudah dan praktis :
Bahan yang diperlukan :500 gram ikan segar jenis sarden/ salem/ tongkol/ mackerel, bersihkan dan potong- potong sesuai selera2 sendok makan air jeruk nipis1 sendok teh garam6 butir bawang merah, dijadikan bawang goreng4 siung bawang putih, dijadikan bawang putih goreng5 sendok makan saus tomat2 sendok makan margarineLumuri ikan segar jenis sarden/ salem/ tongkol/ mackerel dengan air jeruk & garam, diamkan 15 menit di kulkas lalu bilas & tiriskan.

Goreng setengah matang, kemudian sisihkan.Bahan untuk Saus:3 buah tomat masak, iris kasar.3 buah cabe merah, buang bijinya & iris kasar.3 siung bawang putih, digeprak.3 sendok makan minyak goreng.2 sendok teh garam.2 sendok makan gula pasir.
150 ml air matang.Membuat Saus: Pertama, panaskan minyak pada wadah yang sudah disiapkan. Lalu  tumis bawang putih sampai berbau wangi. Masukan cabe dan tomat dalam satu wadah, lalu aduk dan tumis sampai setengah matang. Tuangkan air, lalu tambahkan garam dan gula secukupnya.
Tutup rapat dan masak dengan api kecil kurang lebih 3 menit, setelah itu angkat dan dinginkan.Tambahkan saus tomat, kemudian aduk rata lalu blender sampai halus.
Penyelesaian:Tuangkan blenderan saus ke dalam panci (atau wadah tertentu), masukan ikan goreng & tambah air lagi sebanyak 100 ml. Masak dengan api kecil sampai kuah menyusut & mengental. Masukan margarin & aduk sampe leleh, angkat. Taburi bawang merah dan bawang putih goring. Sarden pun siap disajikan..

Cara mengolah ikan Sarden kaleng :
Bahan :
§  1 kaleng besar ikan sarden
§  10 biji cabe merah
§  4 siung bawang merah
§  3 siung bawang putih
§  1/2 siung bawang bombay iris tipis-tipis
§  garam secukupnya
§  minyak goreng secukupnya
Cara membuat :
1.    Bawang Putih, Bawang Merah dan Cabe merah dicuci sampai bersih kemudian ditumbuk atau diuleg kasar.
2.    kemudian tumis bumbu kasar tadi dan masukkan juga bawang bombay yang sudah diiris, sampai berasa berbau harum.
3.    Tuangkan ikan sarden kaleng ke dalam tumisan bumbu, beri garam secukupnya dan aduk pelan-pelan supaya ikan tidak pecah.
4.    Setelah masak dan agak kering tuang dalam wadah.
Sarden pun siap disajikan

Penyuluh Perikanan PPN Karangantu
Silvia Dewi S.St.Pi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar