Kamis, 25 September 2014

HAMA IKAN 'IKAN GABUS'



Ikan Gabus
Karakteristik Hama
·         Ikan gabus, Channa striata (Bloch, 1973) atau Ophiocephalus striatus  merupakan predator yang memangsa benih dan ikan dewasa.
·         Channa striata merupakan jenis ikan gabus yang banyak ditemui dan memiliki ukuran tubuh relative kecil, jenis lain adalah gabus toman Channa micropeltes dan Channa pleuropthalmus. Ikan gabus memiliki kepala berukuran besar dan agak gepeng mirip kepala ular (sehingga dinamai snakehead ). Tubuh berbentuk bulat gilig memanjang dan sirip ekor membulat di ujungnya. Sisi atau tubuh dari kepala hingga ke ekor berwarna gelap, hitam kecoklatan tau kehijauan. Mulut besar dengan gigi besar dan tajam.
Pengendalian
·         Untuk mencegah masuknya gabus ke kolam, pada saat persiapan kolam, dasar kolam harus benar-benar kering sampai retak-retak. Pada saluran pemasukan, dipasang saringan dari ijuk yang rapat agar benih dan telur gabus tidak masuk ke dalam kolam.
·         Gabus memangsa ikan di permukaan air sehingga keberadaannya mudah diketahui. Jika di dalam kolam sudah terdapat ikan gabus, maka harus segera ditangkap dengan cara dipancing menggunakan umpan hidup berupa ikan kecil atau anak kodok (bancet).
·         Pada musim kawin, ikan gabus jantan dan betina bekerja sama menyiapkan sarang di antara tumbuhan di tepi air. Anak-anak ikan berwarna jingga merah bergaris hitam, berenang dalam kelompok yang bergerak bersama-sama untuk mencari makanan. Kelompok muda ini dijaga oleh induknya. Ini merupakan saat yang paling baik untuk menangkap gabus dari kolam dengan menggunakan serok.
·         Beberapa jenis herbal memiliki daya racun untuk memberantas ikan hama, namun bersifat ramah lingkungan. Herbal dapat diaplikasikan pada saat persiapan kolam. Jenis herbal tersebut antara lain : akar tuba (rotenone) pada dosis 10 kg/ha, biji teh (saponin) pada dosis 150-200 kg/ha, atau tembakau (nikotin) pada dosis 200-400 kg/ha
Description: http://www.fao.org/figis/servlet/ServerFileServlet?f=figis/species/images/Channa/cha_3062_0.gif
Ophiocephalus striatus
Dipublikasikan oleh:
Direktorat Kesehatan Ikan dan Lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar